Home » » Pengaruh Wahhabisme di Indonesia

Pengaruh Wahhabisme di Indonesia

Kultuit: Sekilas Pengaruh Wahhabisme di Indonesia (Martin Martin van Bruinesse & WCC)

1. Serangan pertama Wahhabisme ke Indonesia diduga terjadi pada 1804, ketika tiga orang yang berhaji pulang dari Mekah ke Sumatera Barat

2. Ketiganya memulai gerakan radikal, yg kadang-kadang disertai dengan kekerasan, pemurnian agama dan sosial

3. Bbrp analis Belanda yakin mrk tlah dipengaruhi ide-ide Wahhabi slm pendudukan kawanan asal Najd (skrg Riyadh) itu menduduki Mekkah 1803

4. Asumsi ini diadopsi sebagian besar penulis Indonesia kemudian, meskipun bukti-buktinya sangat tipis dan ada banyak indikasi sebaliknya

5. Komunitas warga Indonesia yang jumlahnya besar di Mekah menjadi sarana pengetahuan tentang Wahhabisme mencapai Indonesia

6. Namun komunitas itu sendiri tampaknya tetap kebal terhadap pengaruh Wahhabisme, apalagi doktrin sesat dan ajaran kekerasannya

7. Wahhabisme jadi isu hangat yg diperdebatkan setelah penaklukan kedua Mekkah (bhkn Hijaz scr keseluruhan) oleh gerombolan Wahhabi pd 1924

8. Ini secara tidak langsung memunculkan organisasi tradisionalis utama yg kita banggakan sampai skrg, Nahdlatul Ulama

9. Tujuan utama organisasi ini: bela keyakinan & praktik keislaman tradisional yg diserang Wahhabi: tawasul, ziarah, tarekat, taklid, fikih

10. Medio abad XX dicirikan perdebatan sengit seputar praktik2 tradisional yg memperhadapkan kaum ekstrim Wahhabi vs tradisionalis moderat

11. Kenyataannya, hanya sedikit pengaruh langsung Wahhabisme [versi Saudi] pada pemikiran kaum reformis Indonesia hingga 1970-an

12. Meski ada pula konvergensi tertentu sprt gerakan puritanisme ala Persatuan Islam (PERSIS)

13. PERSIS mengembangkan ide-ide rigid Salafisme yang nyaris diisolasi dari Timur Tengah kontemporer

14. Tp ia berkembang ke arah posisi yg nyaris tak dapat dibedakan dari kalangan yg secara internasional disponsori oleh Kerajaan Arab Saudi

15. Rubrik fatwa dalam jurnal terbitan PERSIS, al-Muslimun, merupakan indikasi pendekatan Salafisme ketat yang diadopsi organisasi ini

16. Perkembangan politik ini mendorong aktivis Indonesia (terutama Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia/DDII) kerjasama lebih erat dg Arab Saudi

17. DDII melakukan itu via lembaga pembesar agama Wahhabi Arab Saudi, Rabitah, sjk akhir 1960an

18. Tapi secara ideologis, mereka tetap lebih dekat dengan Ikhwanul Muslimin ketimbang dengan Wahhabisme

19. Pembesar Saudi mensponsori (scr finansial) aksi2 pendidikan (sprt dirikan LIPIA, beri dana pd DDII dll), bhkn di kalangan tradisionalis

20. Efeknya, fikih Hanbali yg cenderung ekstrim & ngasal geser fikih Syafi'i yg moderat & apik di sejumlah pesantren tradisional (madrasah)

21. Pd 1980-an & 1990-an, pasar buku murah Indonesia dibanjiri buku2 anti-Kristen, anti-Syiah, anti-Ahmadiyah, dan anti-liberal

22. Kebanyakan buku2 itu berasal & dibiayai dr Arab Saudi & Kuwait yg mulai intensif sebarkan ideologi Wahhabinya ke slrh dunia & Indonesia

23. Dengan cara itulah, Kedutaan Besar Kerajaa Arab Saudi mulai campur tangan dalam perdebatan agama di Indonesia

24. Bahkan ada kalangan curiga, keterlibatan Kerajaan Arab Saudi jd proyek awal membangun opini publik bhw Wahhabisme adlh Islam plg otentik

25. Saat itulah bermula "pembajakan" agama Islam, seraya menghapus pelangi mazhab Islam dg teriakan bidah, musyrik, thogut, hingga kafir

26. Lulusan lembaga2 pendidikan (indoktriner Wahhabisme) Saudi meningkatkan debat publik ke arah yg cenderung negatif, bias,cetek,distortif

27. Dekade akhir rezim Suharto memberi jenis "Islam" (hasil bajakan) yg dianggap tak membahayakan rezim ini, tempat berlabuh yang luas

28. Sejak jatuhnya Suharto, beberapa kelompok ekstrim Wahhabi memperoleh pengaruh yang tidak proporsional, makin gahar, dan merajalela

29. Salah satunya, Laskar Jihad, yang paling langsung dipengaruhi ideologi Wahhabisme kontemporer yg mulai terjun dlm aksi teror

30. Para pemimpinnya, trmsk Ja'far Umar Talib (yg sumpah ingin mati sbg Wahhabi) prnh belajar langsung ke tokoh2 Wahhabi seperti Bin Baz

31. Kawanan primitif dan kaku ini menjadi yang pertama di Indonesia yang menolak pemilu berdasar doktrin agama [Wahhabi]

32. Gerombolan ini juga mengadopsi sejumlah posisi lain yang membedakannya dari kelompok-kelompok Salafi non-Wahhabi

33. Selain pula cara berpakaian dan berpenampilan yg seolah ingin putar jam sejarah sprt celana cingkrang, jenggot yg dipaksakan, gamis, dll

34. Dlm bid politik, sprt kewajiban "jihad" yg dipahami skdr adu otot drpd adu otak & mobilisasi massa utk perang atas nama agama di Maluku

35. Bbrp pihak yakin, gerakan sok-jihad yg diklaim bnyk tokoh justru permalukan Islam ini, jadi gerakan formal takfiri awal di Indonesia

36. Setelah itu, bermunculan bak cendawan di musim hujan, pelbagai kawanan lain yg jauh lbh takfiri sprt Majelis Mujahidin Indonesia (MMI)

37. MMI dibentuk godfather teroris Asia Tenggara, Abu Bakar Baasyir, yg pimpin madrasah ekstrimis Ngruki Solo yg bnyk produksi teroris

38. Sebut saja bbrp otak dan pelaku bom bunuh diri di Bali 2002 hingga 2005 di Jkt, jg bbrp teroris ISIS yg tewas baru2 ini di Irak & Suriah

39. Beda pola pandang dg bbrp kolega terornya, Baasyir lalu hengkang dr MMI dan membentuk sel terorisme baru Jamaah Ansharut Tauhid (JAT)

40. Belum lama duduk di tahta "khalifah" JAT, Baasyir dikepung dan diciduk aparat keamanan di jalan dg tuduhan berlapis terkait UU Terorisme

41. MMI yg ditinggalkannya diambil alih Abu Jibril yg konon bahasa Arabnya pas2an , tak punya latar belakang religius, & diteruskan adiknya

42. Pada 10 Muharram kemarin (2014), Abu Jibril dkk menyatroni jamaah Muslim Syiah yg sdg memperingati Asyura di Kelapa Gading Jakarta

43. Mereka teriak2 dan menantang berkelahi, yg tidak dilayani umat Muslim Syiah yg lbh memilih khusuk mengikuti acara peringatan itu

44. Menariknya, saat ia bergerombol di dpn lokasi acara yg dijaga aparat, berkibar bbrp bendera ISIS yg saat itu brutalismenya belum populer

45. Di wilayah timur, muncul gerakan teror Wahhabi afiliasi kawanan teroris yg dibentuk AS, al-Qaeda, utk lawan Soviet di Afghanistan

46. Gerakan yg terkenal sadis itu dikenal dengan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yg dikomandani buron teroris plg dicari kepolisian, Santoso

47. Terakhir, baik JAT maupun MIT sama2 telah menyatakan pengakuan dan kesetiannya pada ISIS dan "khalifah jadi2annya" yg dikenal dg baiat

48. Santoso baiat di belantara Poso, SulSel, smtr Baasyir baiat dalam penjara yg bakal dihuninya puluhan tahun ke depan, jika msh hidup :-)

49. Kesimpulannya, akar terorisme cap agama (khususnya "Islam") adlh Wahhabisme, shg menumpas terorisme hrs dimulai dr enyahkan Wahhabisme

50. Sekian kultuit WCC, semoga bermanfaat buat kita semua, salam.

Sumber: http://chirpstory.com/li/227615

2 komentar:

  1. I see you guys have collaborated with Dutch anti-wahhabi movement i.e.HumanGuardians. Nice!! Keep it up. 👍👍👍

    BalasHapus
  2. Apakah seperti ini akhlak seorang muslim??
    Menjelek-jelekan saudaranya semuslim
    Dan membela syiah yang jelas bukan islam?..
    Sebelum menulis seharusnya anda tabayyun dahulu.. Jangan langsung menCAP buruk gerakan wahabi
    .. Semoga Allah memberimu hidayah

    BalasHapus